29 Apr

YUK KENALI BAGIAN-BAGIAN UMUM MESIN JAHIT PORTABLE!

Mesin jahit portable memiliki komponen atau bagian-bagian yang punya perannya masing-masing. Jika satu komponen tersebut rusak, tentu mesin akan terkendala sehingga hasil jahitannya tidak sesuai keinginan, memiliki kualitas jahit yang buruk dan bisa-bisa produk yang dibuat bisa gagal. Karena itu alangkah baiknya untuk mengetahui berbagai macam komponen dalam mesin jahit portable beserta fungsinya agar tahu mana komponen yang bermasalah dan mana yang tidak. Sehingga akan lebih mudah untuk TemanKJM semua untuk mengganti komponen yang sudah tidak layak untuk digunakan.

Yuk simak bagian-bagian umum dari mesin jahit portable di bawah ini!

  1. Body Mesin Jahit

Kepala mesin atau disebut body mesin merupakan komponen terluar dari mesin jahit yang fungsinya sebagai tempat melekatnya semua komponen-komponen yang ada.

Body mesin memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda-beda yang tergantung dari jenis dan merk yang digunakan. Contohnya pada jenis mesin jahit konveksi, antara merk Singer, Butterfly, Janome, Typical dan Brother tentu punya bentuk dan desain yang berbeda walaupun spesifikasinya hampir sama.

 

  1. Dudukan jarum

Dudukan jarum mesin jahit merupakan tempat memasang jarum jahit yang biasa bergerak keatas dan kebawah saat mesin dijalankan.



  1. Jarum Jahit

Jarum mesin jahit memiliki spesifikasi yang berbeda jauh dengan jarum tangan. Pada jarum jahit, lubangnya terletak di ujung jarum dan bagian kepala jarumnya berukuran besar agar dapat ditautkan dengan komponen dudukan jarum.

Ukuran jarum biasanya disebutkan dalam nomor metrik (Nm) sesuai standar satuan ukuran yang diterapkan di Eropa. Misalnya kalian membeli jarum ukuran 80, artinya jarum tersebut memiliki lubang dengan diameter 0.8 mm. 

Tidak hanya itu, jarum jahit pun memiliki banyak jenis, diantaranya adalah:

-Jarum obras

-Jarum jahit kembar

-Jarum bordir

-Jarum mesin manual

-Jarum mesin semi otomatis

-Jarum mesin otomatis

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar jarum jahit TemanKJM bisa membaca lebih lengkapnya di sini ya!

 

  1. Sepatu Mesin Jahit

Sepatu mesin jahit berguna untuk menjepit kain saat proses menjahit berlangsung. Dalam kegiatan jahit menjahit dikenal berbagai macam jenis sepatu mesin jahit yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya.

 

  1. Gigi Mesin Jahit

 

Gigi mesin jahit terletak tepat di bagian bawah sepatu mesin jahit. Fungsi utama dari bagian ini adalah sebagai penggerak atau pendorong kain saat menjahit

 

  1. Needle Threader

 

Biasanya terletak di sebelah kiri jarum jahit. Dimana ini adalah bagian mesin jahit yang fungsinya sebagai alat bantu memasukan benang ke jarum, jadi kalian sudah tidak perlu lagi memasukan benang secara manual.

 

  1. Pengaturan Tension

Tension artinya tegangan, tegangan yg dimaksud disini adalah tegangan benang. Maka bagian pengaturan tension ini berfungsi untuk mengatur ketegangan benang agar hasil jahitan yang dihasilkan rapi

 

  1. Pengatur Lebar Jahitan

Pengatur Lebar Jahitan biasanya akan terlihat pada pola hasil jahitan zigzag. Semakin lebar angkanya maka jahitan akan semakin lebar.

 

  1. Bobbin Winder

Bagian mesin jahit yang berfungsi untuk mengisi benang ke bobbin.

 

  1. Handwheel

Bagian mesin jahit berbentuk bulat seperti stir yang terletak di bagian kanan mesin jahit fungsinya untuk bantu menggerakan naik dan turunnya jarum.

 

  1. Pengaturan Panjang Jahitan

 

Bagian ini berfungsi untuk mengatur panjang jahitan untuk model jahitan lurus.

 

  1. Knob Pola Jahitan

Knob pola jahitan adalah bagian mesin jahit berbentuk bulat yang dapat di putar. Biasanya terdapat kode pola yang berfungsi untuk memilih model  pola jahitan

 

  1. Tombol Reverse

Tombol ini biasanya berada di bagian kanan mesin jahit. Dan memiliki fungsi untuk jahit mundur yang juga disebut sebagai pengunci jahitan.

 

  1. Pengangkat Sepatu Jahit

Bagian mesin jahit ini berfungsi untuk mengangkat sepatu jahit sebelum menjepit kain, atau juga dapat digunakan saat menyesuaikan posisi kain sebelum dijahit.

 

  1. Sekoci

 

(Kiri) Bobbin Atas (Kanan) Bobbin Bawah

 

Sekoci atau biasa disebut rotary hook merupakan komponen yang berukuran kecil namun memiliki fungsi sangat penting yakni sebagai rumah menyimpan spool/ bobbin benang. Komponen ini terletak pada bagian dalam rumah sekoci tepatnya ada di bawah jarum.

Kumparan benang yang telah digulung di bagian spool / spul harus dimasukan ke dalam sekoci. Dengan begitu, benang dapat ditarik terus menerus karena spool yang ada di bagian dalam sekoci akan terus berputar.

Sekoci biasanya terdapat pada mesin jahit portable standar dimana posisinya bottom loading bobbin (bobbin bawah), namun lain lagi dengan mesin jahit dengan top loading bobbin (bobbin atas) tidak perlu menggunakan sekoci.

 

 

Kini TemanKJM sudah tahu kan apa saja komponen yang ada pada mesin jahit portable? Dengan mengetahui detail dari berbagai komponen yang ada diharapkan kita dapat lebih memahami cara kerja masing-masing komponen sehingga saat ada kendala saat menjahit kita akan mengetahui bagian mana dari mesin jahit yang harus diganti / diperbaiki.

Jika ada bagian dari mesin jahit portable yang perlu diganti TemanKJM dapat membelinya di toko online kami yang ada di Shopee, Tokopedia dan TikTok. Dan jika ingin bertanya dan berkonsultasi lebih lanjut tentang komponen mesin jahit, yuk datangi langsung toko offline kami di alamat yang sudah tertera!