27 Jun

MACAM-MACAM KODE JARUM SESUAI DENGAN JENIS MESIN JAHIT

Dalam proses pembuatan pakaian atau menjahit tentunya kita tidak bisa lepas dari jarum jahit. Sesuai dengan namanya, jarum jahit digunakan untuk membantu kita dalam proses menjahit.

Karena kini mesin jahit semakin banyak jenisnya, maka semakin banyak juga jenis jarum jahit beredar dan dijual karena kebutuhan jenis jarum akan setiap mesin jahit berbeda-beda dan beragam. Nah, sebelum kita membeli jarum jahit, sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu yuk berbagai tipe jarum jahit berdasarkan mesin jahitnya!

Dari berbagai merek jarum jahit, kali ini kita akan bahas tipe-tipe jarum dari merk Organ. Untuk sisi harga, jarum merk ini memang lumayan lebih mahal daripada merek sejenis. Tapi dimana harga, disitu ada kualitas tentunya. Dimana jarum Organ sudah terbukti tangguh dan awet karena material yang digunakan kokoh dan tidak mudah rusak.

Selain merk Organ ada pula merk jarum lainnya yang bagus dan berkualitas seperti Dali, Violin, Orange, DOTEC, TNC dan Flying Tiger. Dan semuanya tersedia di Kianjaya Machinery, lho!

 

Di bawah ini adalah tipe jarum merk Organ, berikut jenis mesin jahit yang digunakan:

  1. DBX1, digunakan pada mesin jahit jarum 1
  2. DCX1, digunakan pada mesin obras
  3. DBXK5, digunakan pada mesin bordir
  4. DPX5, digunakan pada mesin jahit jarum 2
  5. TQX1, digunakan pada mesin jahit lubang kancing
  6. UYX1, digunakan pada mesin jahit overdeck
  7. TVX7, digunakan pada mesin jahit jarum 2 rante
  8. HAX1, digunakan pada mesin jahit kecil (klasik) dan mesin jahit portable
  9. TVX5, digunakan pada mesin jahit overdeck, mesin jahit jarum 2 rantai
  10. TQX5, digunakan pada mesin jahit pasang kancing
  11. DPX17, untuk mesin jahit Walking Foot
  12. UOx113, digunakan untuk mesin kansai karet
  13. UOx154 digunakan untuk mesin jahit neci / rolsom
  14. Jarum Kembar, biasanya digunakan pada mesin jahit portable. Fungsinya digunakan untuk membuat variasi jahitan 2 benang.

Dari masing-masing tipe jarum jahit tersebut terdapat ukuran jarum 9, 11, 13, 14, 16, 18, 21. 

Penggunaan ukuran jarum biasanya tergantung dari ketebalan bahan yang kalian jahit, semakin besar nomor jarum, maka akan semakin besar ukuran jarum.

Perlu diingat, kalian harus selalu memperhatikan dan menggunakan tipe jarum yang sesuai dengan mesin jahit yang kalian gunakan. Jangan sampai salah beli ya! 

Dan tentu saja kalian bisa mendapatkan tools mesin jahit kesayangan di Kianjaya Machinery tentunya yang bisa dibeli via Marketplace kami di Tokopedia & Shopee.

 

Happy sewing!