05 Oct

TATA CARA PASANG BENANG KE JARUM MESIN JAHIT PORTABLE

Memasang benang ke jarum di mesin jahit memang terihat mudah, namun sebagai pemula memasang benang akan terlihat rumit karena terdapat beberapa jalur benang yang harus dilewati. Pada dasarnya dengan memasang benang yang benar dan tepat dapat mempengaruhi hasil jahitan. Yuk kita simak bagaimana cara pasang benang ke jarum mesin jahit potable, berikut dibawah penjelasannya.

Sebelum masuk ke pembahasan cara memasang benang, sebaiknya kenali terlebih dahulu bagian-bagian pada mesin jahit terlebih dahulu.

1. spool/pallet
Spool/pallet adalah tempat gulungan benang yang letaknya di bawah mesin jahit, dan sebelum menjahit pastikan terlebih dahulu spool/pallet sudah terisi. Benang yang terletak di spool ini biasanya disebut dengan benang bawah atau benang atas tergantung letak dimana bobbin case itu diletakan, berikut link penjelasannya. https://kjmesin.com/blog/artikel/dua-tipe-bobbin-pada-mesin-jahit-portable 

2. Rumah sekoci (bobbin case)
Tempat dimana spool diletakan. Rumah sekoci ini letaknya di bawah, pastikan benang yang ditarik bergerak berputar mengikuti arah jarum jam agar spool dapat berfungsi.

3. Jarum jahit adalah alat penting yang digunakan untuk menjahit baik secara manual atau menggunakan mesin, jarum ini memiliki ujung yang tajam.
Jarum jahit memiliki beberapa ukuran ketebalan bahannya. Biasanya jarum dengan ukuran 9-14 jarum digunakan untuk jahit dengan bahan yang tipis, jarum dengan ukuran 16-23 digunakan untuk jahit dengan bahan yang tebal seperti jeans hingga kulit. Dan dengan kode jarum yang berbeda berdasarkan fungsinya selengkapnya klik link berikut.

https://kjmesin.com/blog/artikel/macam-macam-kode-jarum-sesuai-dengan-jenis-mesin-jahit-macam-macam-jenis-jarum-jahit 

4. Pedal jahit/ Injakan 
Pedal jahit/ injakan adalah komponen mesin jahit yang digunakan untuk mengontrol kecepatan mesin dengan menggunakan kaki. Injakan ini memiliki kabel yang terhubung seperti pedal gas pada mobil. Semakin keras injaka ditekan maka semakin cepat jarum bergerak. 

5. Sepatu dan Gigi Mesin Jahit
Sepatu dan gigi mesi jahit berfungsi untuk menjepit kain pada saat proses menjahit. Sepatu dan gigi memiliki banyak jenisnya sesuai dengan fungsinya, seperti sepatu untuk lubang kancing, sepatu kelim, sepatu reseleting dsb.

Setelah mengetahui bagian bagian yang terdapat pada mesin jahit portable, berikut tata cara memasang benang pada jarum di mesin jahit portable. 

1. Siapkan mesin jahit
Siapkan mesin yang akan dipakai, pastikan mesin dalam keadaan mati dan jarum dalam posisi paling atas saat proses memasang benang, dan pastikan posisi jarum sudah terpasang dengan benar, dan pilih benang sesuai dengan kain yang akan di jahit. 

2. Pasang gulungan benang 
Letakkan gulungan benang pada tiang penyangga benang (spool pin)  yang terletak di bagian atas mesin jahit, setelah menyimpan gulungan pada tiang sertakan juga penahan benang (spool cap) agar benang tidak lepas saat proses menjahit.

3. Lewatkan Benang ke pemandu benang
Tarik ujung benang dari gulungan benang dan tarik melewati pemandu benang (thread guide) kait penahan benang bentuknya kait kecil yang ada di bagian atas mesin dekat gulungan benang. Ikuti petunjuk jalur benang yang ditandai dengan nomor yang tertera di mesin.

4. Lewatkan benang ke penegang benang (tension disc)
Tarik benang ke bawah dan lewatkan melalui cakram penegang benang. Pastikan benang masuk diantara cakram tersebut.

5. Lewatkan benang ke pengangkat benang (Thread Take-Up Lever)
Tarik benang ke atas dan lewatkan melalui pengangkat benang yang bergerak ke atas dan ke bawah saat mesin bekerja

6. Lewatkan benang ke pamandu benang terakhir 
Tarik benang kembali ke bawah dan lewatkan melalui pemandu benang terakhir sebelum menuju ke jarum

7. Masukan benang ke jarum
Masukan ujung bennag ke dalam lubang jarum dari depan ke belakang bisa juga pakai alat bantu pasang benang otomatis jika dimesin terdapat alatnya.

8. Siapkan benang bawah (bobbin)
Setelah benang masuk ke jarum siapkan bobbin/spool yang sudah terisi benang, pasang spool kedalam sekoci dan pastikan sudah terpasang dengan benar di bawah mesin jahit, tarik benang bawah hingga keluar sedikit di atas pelat mesin

9. Tarik benang bawah ke atas
Pegang benang atas dengan tangan kiri, kemudian putar roda mesin dengan tangan kanan untuk menurunkan dan menaikan jarum. Ini akan mengaitkan benang bawah dan menariknya ke atas

10. Siap menjahit
Setelah benang jarum dan benang bawah sudah terpasang, mesin jahit siap digunakan. 

Nah, untuk pemasangan benang ke jarum sudah dijelakan semoga dapat membantu teman-teman sewing enthusias yang baru memulai belajar menjahit.

Untuk pemesanan mesin, jarum dan juga sparepart mesin jahit teman-teman bisa kunjungi e-commerce kami shopee, tokopedia dan juga instagram kianjaya machinery.