07 Sep

Kendala umum yang sering dihadapi pemula dalam belajar jahit secara otodidak

Menjahit adalah keterampilan yang berguna untuk membuat atau memperbaiki pakaian, aksesoris atau barang-barang tekstil lainnya, menjahit juga bisa menjadi salah satu kegiatan yang bisa dijadikan sebagai hobi atau pekerjaan, dan cara mempelajarinyapun tidak harus kursus di tempat khusus, melainkan bisa juga belajar secara mandiri atau otodidak. Namun dalam prosesnya tidaklah mudah apalagi untuk seseorang baru belajar jahit secara otodidak. Terdapat beberapa kendala yang umumnya sering dihadapi pemula.

Berikut penjelasan beberapa kendala yang sering dihadapi pemula dan cara mengatasinya:

1. Kurangnya pengetahuan dasar

Belajar menjahit tanpa bimbingan siapapun dan tanpa pengalaman atau pengetahuan dasar mengenai jahit merupakan faktor utama yang menjadi hambatan dalam belajar menjahit. Karena dalam menjahit terdapat  beberapa teknik dasar jahit, istilah dan peralatan yang dapat membingungkan.

2. Masalah dengan mesin jahit

Sebagai seorang pemula yang baru melihat dan baru akan memulai menjahit tentu akan asing terhadap mesin jahit yang akan digunakan dan tentunya akan kesulitan dalam menggunakan mesinnya baik itu cara menggunakan mesin atau mengoperasikan mesin dengan berbagai fitur yang ada seperti pemasangan jarum, pemilihan jarum, pemasangan benang, pemilihan Sepatu jahit dan lainnya.

3. Pemilahan bahan dan alat

Yang selanjutnya pemilhan bahan yang tepat dan bahan yang berbeda beda yang nantinya akan mempengaruhi hasil jahitan akan menjadi tantangan bagi seorang pemula.

4. Teknik jahit yang kurang tepat

Tanpa bimbingan langsung dari pihak yang sudah ahli di bidangnya , seorang pemula mungkin akan mengalami kesulitan untuk melakukan proses jahit dengan teknik yang benar.

5. Kesalahan dalam mengukur dan memotong bahan

Pengukuran dan pemotongan bahan yang tidak tepat akan memberikan hasil jahit yang kurang sesuai dengan yang diharapkan.

6. Kesulitan dalam membaca pola jahit

Pola adalah potongan potongan rangka yang akan digunakan dalam membuat sebuah pakaian. Dalam proses menjahit membuat pola adalah hal penting karena berhasil atau tidaknya sebuah busana yang dikenakan seseorang sangat dipengaruhi oleh tepat atau tidaknya hitungan rumus atau bentuk polanya itu sendiri.

7. Kesabaran dan ketelitian

Dalam proses menjahit memerlukan ketelitian dan kesabaran karena dalam prosesnya tidak bisa dikerjakan secara terburu buru agar hasil yang di dapatkan memuaskan, sehingga untuk seorang pemula dengan wawasan yang belum mumpuni akan merasa frustasi ketika hasil jahitan tidak sesuai yang diharapkan.

8. Perawatan mesin jahit

Merawat dan menjaga mesin jahit dalam kondisi baik memerlukan pengetahuan dan keterampilan yang tentunya seorang pemula yang belum berpengalaman kurang menguasai hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam merawat mesin jahit

9. Kurangannya dukungan dan Umpan balik

Tanpa dukungan dari orang lain dan tidak mendapatkan umpan balik seorang, pemula akan mengalami keterlambatan perkembangan keterampilan karena tidak ada seseorang yang membimbing dan tidak ada evaluasi atas apa yang sudah dikerjakan.

10. Referensi dan Sumber Belajar

Seorang pemula mungkin kesulitan menemukan sumber belajar yang tepat, seperti tutorial yang jelas, seorang yang dapat membimbing dalam proses belajar jahit atau buku panduan yang komprehensif.

Untuk teman-teman pemula yang mengalami kendala-kendala yang tertera diatas, berikut beberapa solusi yang bisa dilakukan untuk membantu mengatasi kendala umun yang dihadapi oleh pemula dalam tersebut diantaranya:

1. Mamahami alat dan bahan:

Memperbanyak membaca buku atau panduan online tentang pengetahuan dasar menjahit, alat dan bahan beserta fungsi dan kegunaannya.
Nah, di @Kianjaya Machinery tersedia tools untuk pemula seperti sepatu jahit, jarum mesin jahit, meteran, gunting kain dan gunting benang, pensil penanda kain, penggaris dll

2. Lakukan latihan yang konsisten

Luangkan waktu untuk belajar atau berlatih teknik jahitan dasar seperti jahitan lurus dan zigzag. Belajar dari kesalahan, dan meminta bantuan atau saran dari sesama penjahit atau instruktur dapat membantu mengatasi kendala-kendala ini. Teman-teman bisa follow influencer yang bekerjasama dengan Kianjaya Machinery, influencer yang mengedukasi mengenai pengetahuan dasar jahit seperti pola jahitan, alat dan bahan apa saja yang diperlukan serta teknik dasar dalam menjahit. 

3. Mengoperasikan Mesin jahit

Baca buku manual mesin untuk mempelajari pengaturan dan fungsinya, dan coba berbagai fitur mesin pada kain sisa untuk memahami cara kerja mesin. Bisa juga menonton beberapa video tutorial pengoperasian mesin dan review mesin jahit. Teman-teman bisa saksikan berapa video riview mesin jahit, DIY dan video tutorial mengoperasikan mesin jahit di Instagram, Tiktok dan Youtube Kianjaya Machinery.

Nah, jadi buat temen-temen pemula masih bingung ga nih atau masih ada kendala yang belum ada solusinya? jangan khawatir teman-teman bisa follow akun Instagram, Tiktok dan Youtube  Kianjaya Machinery dan influencer yang bekerjasama dengan Kianjaya diantaranya @itswina.44  @cikiwilda  @ainan.sew  @sisisinta   @wiralagabae , karena konten-konten yang disajikan adalah konten sewing education yang sangat inspiratif dan edukatif.
Dan untuk  aksesoris, sparepart mesin jahit semua tersedia hanya di toko online atau offline store Kianjaya Machinery di Jl. Otto Iskandardinata no.209 bandung, dan @loka.kain toko yang menyediakan kain yang berkualitas.