02 Mar

YUK KENALI BAGIAN PENTING DARI MESIN OBRAS!

Seperti sudah kita ketahui, kebutuhan sandang atau pakaian adalah salah satu kebutuhan primer bagi manusia sehari-hari untuk menjalankan aktivitas. Saking utamanya kita akan selalu membutuhkannya dari waktu ke waktu dimana lazimnya kita diharuskan untuk memiliki beberapa jenis pakaian sesuai dengan aktivitas masing-masing. Misalnya pakaian untuk kerja, olahraga, ibadah, dan berbagai jenis pakaian lainnya yang bisa disesuaikan dengan cuaca atau musim.

 

Karena adanya kebutuhan utama manusia terhadap pakaian maka pakaian di zaman modern seperti sekarang kita sudah dapat memproduksinya secara massal dengan menggunakan alat-alat canggih. Mesin produksi dasar yang  digunakan dalam membuat pakaian antara lain adalah mesin potong kain, mesin jahit, mesin overdeck, mesin lubang kancing, mesin pasang kancing, dan salah satunya adalah mesin obras.

 

Mesin obras adalah mesin jahit khusus yang dirancang untuk membuat jahitan tepi pada kain dan sering digunakan dalam industri garmen untuk memotong dan menjahit tepi kain agar tidak berantakan. Mesin obras dapat membuat jahitan tepi yang rapi dan tahan lama pada berbagai jenis kain, termasuk kain elastis dan kain berat seperti denim. Kini mesin obras juga tersedia dalam berbagai jenis dan tipe, begitu juga model dinamo yang dapat digunakan oleh pengrajin dan pengguna rumahan sesuai dengan kebutuhan menjahit dengan cepat dan efisien.

 

Berikut adalah beberapa jenis obras yang dapat kita temui di pasaran:

  1. Mesin Obras Benang 3

Mesin jahit obras jenis ini menggunakan tiga benang untuk membuat jahitan tepi pada kain. Dengan menggunakan tiga benang, mesin obras benang 3 dapat membuat jahitan tepi yang kuat dan elastis, sehingga cocok untuk kain yang sering meregang seperti jersey, kaos, atau kain tricot. 

 

    2. Mesin Obras Benang 4

Mesin obras benang 4 memiliki pengaturan yang berbeda dengan mesin obras benang 3, karena menggunakan satu benang untuk jahitan tepi dan tiga benang untuk jahitan overlock. Dengan menggunakan empat benang, mesin obras benang 4 dapat membuat jahitan tepi yang kuat dan rapi, serta jahitan overlock yang tahan lama dan elastis pada tepian kain. Mesin obras benang 4 sering digunakan dalam industri garmen untuk membuat jahitan pada berbagai jenis kain, termasuk kain elastis dan kain berat.




   3. Mesin Obras Benang 5

Mesin obras benang 5 adalah jenis mesin jahit obras yang menggunakan lima benang untuk membuat jahitan tepi pada kain. Mesin obras benang 5 memiliki pengaturan yang lebih kompleks daripada mesin obras benang 3 dan benang 4, karena menggunakan dua benang untuk jahitan tepi dan tiga benang untuk jahitan overlock. Jenis ini juga sering digunakan dalam industri garmen untuk membuat jahitan pada kain-kain berat seperti denim, jaket, atau jas.

 

Meskipun terdapat beberapa jenis, yuk kenali bagian-bagian dari dari Mesin Obras yang harus kalian ketahui : 

 

    4. Kepala Mesin

Badan mesin merupakan tempat melekatnya komponen-komponen mesin obras. Komponen-komponen yang dimaksud antara lain adalah benang, jarum, pisau pemotong dan lain-lain.

 

   5. Jarum dan tiang jarum

Mesin obras biasanya memakai tiga jarum sekaligus. Jarum mesin obras dipasang pada tiang jarum. Cara memasangnya antara lain dengan melonggarkan sekrup pada tiang jarum, lalu masukkan jarum hingga keatas dengan bantuan tang atau penjepit. Ingat, Bagian yang cembung harus berada dibelakang. Setelah jarum terpasang dengan baik, pasang kembali sekrupnya lalu kencangkan.

 

   6. Tension

Tension merupakan pengatur tegangan benang digunakan untuk mengencangkan dan melonggarkan tegangan benang. Putar tension ke arah kiri untuk melonggarkan benang, atau putar ke arah kanan untuk mengencangkan benang. 

 

   7. Looper

Looper adalah lubang-lubang tempat benang dikaitkan. Umumnya terdapat dua jenis looper, yakni over looper atau pembentuk loop atas dan under looper atau pembentuk loop bawah.

 

   8. Tiang benang

Tiang benang berfungsi untuk meletakkan gulungan benang obras. Setiap mesin obras memiliki jumlah tiang benang yang berbeda-beda. Misalnya mesin obras benang tiga memiliki tiang yang berjumlah tiga. Tiang pertama terletak di bagian bawah depan mesin. Tiang kedua terletak di bagian atas. Sementara tiang ketiga berada di bagian kiri samping.




  9. Pisau mesin obras

Umumnya pisau mesin obras terletak di bagian bawah, di sebelah jarum mesin. Pisau obras berfungsi untuk memotong tepian kain obras, sehingga pakaian tidak berjumbai.

 

   10. Pedal

Mesin obras juga memiliki pedal sama halnya mesin jahit yang berada di bawah meja. Pedal mesin obras berfungsi untuk menggerakkan mesin. Anda cukup menginjakkan kaki pada pedal ini untuk membuat mesin bekerja. Namun perlu diperhatikan, mesin obras bergerak sangat cepat. Oleh karena itu, pijaklah pedal dengan lembut dan hati-hati agar hasil obrasan lebih bagus dan rapi.

 

   11. Dinamo

Dinamo menjadi salah satu bagian penggerak pada mesin obras. Mesin obras sendiri bisa menggunakan dinamo biasa atau dinamo servo, tergantung kebutuhan menjahit kalian.

 

Tentunya antara dinamo biasa ataupun dinamo servo terdapat beberapa kelebihan & kekurangan baik dari fungsi maupun harga. Seperti yang kita ketahui dinamo servo memiliki kelebihan lebih hemat energi, kecepatan bisa diatur, lebih ringan, minim getaran & suara halus akan tetapi dari segi harga lebih mahal. 

Selain dinamo servo terdapat juga Mesin obras dengan Servo Direct Drive Motor yang tertanam pada kepala mesinnya, adapun dari segi fungsi / spesifikasi sama dengan dinamo servo.

 

Sekarang sudah tahu kan apa aja sih bagian-bagian dari mesin obras yang harus diperhatikan? Nah, untuk TemanKJM yang mencari segala kebutuhan mesin produksi rumahan, konveksi dan garment beserta sparepartnya dari berbagai merk seperti Yamata, Gemcy, Typical atau yang lainnya bisa langsung kunjungi toko offline kami Kianjaya Machinery di Jl. Otto Iskandar Dinata no 209, Bandung atau hubungi kami melalui kontak yang ada pada website ya!