22 Aug

WORKSHOP FABRIC MANIPULATION TECHNIQUES/TEKNIK MANIPULASI KAIN BERSAMA FASHION LAB ID

Pada 28 Mei 2022 Fashion Lab ID yang merupakan platform belajar fashion brand making and development hasil kolaborasi dari Kianjaya Machinery dan Fashion Project Indonesia menyelenggarakan sewing workshop.

 

Sewing workshop kali bertema Fabric Manipulation Technique atau Teknik Manipulasi Kain. Dimana secara definisi arti dari istilah tersebut memiliki tujuan untuk memperindah tampilan suatu busana. Dengan Fabric Manipulation Technique atau manipulasi kain kita dapat memanfaatkan beberapa macam teknik menghias kain dan membuat bahan baru.

 

Saat ini fabric manipulation sedang banyak digemari oleh para fashionpreneur dengan

menambahkan fabric manipulation ke dalam pakaiannya sebagai pemanis. Beberapa teknik yang kini sering digunakan diantaranya adalah membentuk bahan/kain lipatan kerut, lipat (pleats), tucking, smocking flounces dan matelasse (quilting).

 

Pada workshop kali ini hanya dua technique fabric manipulation yang diajarkan, yaitu Pleating dan Slashing Technique.

 

Ide dari workshop fabric manipulation ini datang dari keinginan kami untuk memberikan ilmu yang sangat bermanfaat, sehingga nantinya ilmu tersebut bisa dipraktekkan sendiri sebagai variasi jahitan. Dan teknik menjahit ini juga bisa digunakan untuk memanfaatkan kain-kain sisa kain (upcycle), loh!

 

Selain itu tujuan lain dari workshop ini adalah sebagai upaya kampanye Kianjaya Machinery dalam ikut serta mendukung budidaya upcycle fashion, karena bahan utama  yang digunakan pada workshop ini adalah kain sisa yang sudah tidak digunakan.

 

Untuk lihat keseruan saat workshop kemarin dan informasi mengenai Sewing Workshop lainnya kalian bisa follow Instagram Kianjaya Machinery @kianjayamachinery, Fashion Lab ID @fashion.lab.id dan @fashionproject.indonesia.

 

See you at our next workshop!