19 Sep

UPCYCLING FASHION SEBAGAI KONTRIBUSI NYATA MENGURANGI SAMPAH BUMI

Sebagai bukti begitu besarnya dampak fast fashion, industri pakaian menyumbang lebih dari 20% polusi air di dunia. Dan berdasarkan data yang ada, menunjukkan bahwa sampah tekstil adalah sumber mikroplastik terbesar yang mengotori lautan. Fakta yang sangat mengejutkan bukan?

 

Karena itulah penggiat kelestarian alam mulai membangkitkan isu fast fashion ini sebagai sorotan untuk menjadi sebuah gerakan dan kampanye lingkungan hidup yang dapat mereka lakukan. Sehingga kini kita dapat melihat adanya peningkatan kesadaran masyarakat terkait upcycling fashion sebagai bagian dari sustainable fashion untuk meredam efek negatif dari fast fashion.

 

Beberapa pelaku usaha fashion serta komunitas di Indonesia yang menerapkan metode upcycling fashion diantaranya adalah::

 

  1. Brand Money Man

Beberapa produknya diberi nama The Bandana, yang koleksinya merupakan kemeja dan reversible jacket yang terbuat dari kain sisa bandana.

 

  1. Brand Phantasma*Studio

Dimana mereka melakukan upcycle pakaian usang seperti kain flanel dan jeans hingga menjadi produk unik yang dibuat secara eksklusif

 

  1. Setali Indonesia

Selain pelaku usaha, gerakan upcycling fashion di Indonesia juga melahirkan komunitas yang bergerak di bidang sustainable fashion, yaitu Komunitas Setali Indonesia yang mempunyai berbagai aktivitas menarik yang dilakukan sebagai event yang mendukung upcycling fashion. Seperti Event Barang lama Bersemi kembali atau Acara Garage Sale yang mengajak masyarakat untuk melakukan decluttering dan menggunakan kembali barang bekas yang masih layak untuk digunakan.

 

Diharapkan dengan munculnya pelaku usaha fashion dan gerakan yang menerapkan upcycle fashion dapat terus berlangsung secara konsisten untuk mendukung sustainable fashion. Dengan begitu akan lebih banyak lagi masyarakat yang tergerak dan tersadar untuk turut berkontribusi dalam mengurangi sampah fashion.

 

Jadi, yuk Teman KJM semua, khususnya di daerah Bandung dan sekitarnya, kami ajak untuk turut membantu menerapkan upcycling fashion dalam berpakaian-sehari hari dengan tujuan membantu menjaga bumi kita akibat dari masifnya dampak buruk isu fast fashion.