16 Aug

UPCYCLE FASHION DENGAN DIY JEANS BEKAS JADI TOTEBAG KEREN

Sudah menjadi rahasia umum jika kebiasaan masyarakat yang konsumtif dalam hal pakaian turut berkontribusi pada menumpuknya limbah pakaian. Bukan hanya industri dan pabrik, kita sebagai konsumen juga termasuk salah satu pemakai atau berkontribusi pada fast fashion yang berujung pada fashion waste, lho!

 

Pakaian-pakaian yang diproduksi secara masif dan banyak dijual secara murah. Sementara season dan model tren fashion terus berganti, sehingga demand dan keinginan untuk terus membeli pakaian untuk mengikuti tren semakin tinggi. 

 

Perlu diketahui, pakaian dari fast fashion juga tidak environmental friendly karena kebanyakan dari pakaian tersebut menggunakan material / bahan yang kualitasnya tidak begitu baik dan menyebabkan pakaian bisa jadi tidak awet atau tidak tahan lama. Pada tahap produksi sendiri industri pakaian kebanyakan memberikan dampak yang buruk bagi lingkungan, jadi penting sekali untuk kita agar dapat menjaga sifat konsumtif tersebut untuk tidak memberikan pengaruh yang lebih buruk bagi lingkungan.

 

Upaya yang bisa kita lakukan untuk mengurangi fashion waste dan ikut serta dalam mengusung dan mendukung sustainable fashion, salah satunya adalah dengan melakukan upcycle fashion. Yaitu kegiatan dimana kita mengubah pakaian lama, usang atau rusak menjadi sesuatu yang baru.

 

Contohnya pakaian yang sudah tidak muat lagi, robek atau bernoda juga bisa disulap menjadi produk baru. Yang tentunya bisa kita gunakan kembali, sehingga barang memiliki nilai dan fungsi dan tidak menjadi fashion waste belaka. 

 

Kianjaya Machinery kali ini ingin mengajak teman-teman semua dengan memanfaatkan jeans yang sudah tidak terpakai menjadi sebuah tote bag multifungsi. Dengan ini, diharapkan kita semua bisa belajar untuk mulai lebih kreatif lagi untuk mengelola pakaian yang sudah tidak terpakai dan menerapkan upcycle fashion. 

 

Jangan khawatir, prosesnya tentu saja bisa diikuti oleh penjahit pemula, lho! Alat dan bahan yang digunakan juga pasti mudah untuk kalian temukan di rumah. Yuk cek video tutorial lengkap DIY Tote Bag bareng Cherish di bawah ini!

 

https://youtu.be/FEsk5n6ULpw

Selain itu penjahit pemula juga bisa memanfaatkan kain-kain sisa menjadi barang yang multifungsi sebagai bentuk upcycle fashion. Kegiatan ini juga bisa sebagai media untuk belajar menjahit yang bisa kalian lihat tutorialnya di Instagram Kianjaya Machinery di bawah ini:

https://www.instagram.com/reel/Cc4j-hmjY0l/?utm_source=ig_web_copy_link

 

Happy sewing and upcycling!