24 Jun

TIPS MENJAHIT YANG PERLU DIPERHATIKAN

Menjahit kini bukan hanya dapat dilakukan oleh tukang jahit semata atau orang-orang yang berkecimpung dalam proses pembuatan kerajinan / industri fashion. Menjahit sekarang juga mulai dipelajari oleh kalangan umum yang mempelajarinya sebagai skill yang dapat berguna di kehidupan sehari-hari, menjahit sebagai sarana hobi, atau menjahit dapat menjadi sumber penghasilan sampingan, bahkan utama.

 

Sebagai penjahit pemula atau menengah tentu saja kita masih harus banyak belajar dan berinovasi karena dunia mode / fashion adalah industri yang terus berkembang dari masa ke masa, dan tentu saja sebagai penjahit kita tidak bisa diam saja dan harus ikut berkembang dengan kemajuan yang ada. Karena itulah berbagai teknik menjahit ikut terus mengalami kemajuan dan teknik menjahit selalu berkembang untuk memudakan penjahit agar lebih efisien dalam melakukan tugasnya.

 

Berikut adalah beberapa tips menjahit yang dapat Anda aplikasikan dalam karya jahit untuk dipelajari dan meningkatkan skill dalam menjahit, simak di bawah ini!

 

  1. Menjahit bahan tipis

Bahan yang tipis kadang-kadang menyebabkan keresahan karena mengkerut-kerut, benang kain banyak tertarik, atau jahitan meloncat-loncat. Untuk mengatasinya, digunakan kertas koran atau kertas boterham untuk membentuknya, lalu ikuti cara berikut ini:

  1. Letakkan kertas di bawah bahan yang akan dijahit
  2. Setelah bahan dikeluarkan dari mesin, kertas dapat dibuang atau di sobek
  3. Selain itu, pilihlah jarum yang kecil dan cukup runcing
  4. Pengaturan gigi diset sedikit turun

 

  1. Menjahit bahan stretch (melar)

Untuk mengimbangi mulurnya bahan, pilihlah benang yang berasal dari bahan sintetis. Selain itu terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  1. Tusuk mesin jangan terlalu kecil, aturlah angka pada pengatur stikan. Dapat dipilih juga tusuk zigzag pada mesin serba guna.
  2. Jarum harus betul-betul runcing, kalau tumpul harus diganti
  3. Dari setiap sisi arah jahitan harus sejalan, untuk menghindari tarikan yang bertentangan setelah pakaian selesai dijahit.

 

  1. Menjahit dengan benang besar

Salah satu teknik menghias pakaian bisa berupa garis-garis jahitan / tusuk dengan menggunakan benang besar. Untuk membuatnya ada 2 cara sebagai berikut:

  1. Jarum diganti dengan jarum yang besar (misalnya jarum ukuran 18). Benang atas diganti benang besar sesuai yang dikehendaki. Lalu operasikan mesin jahit seperti menjahit biasanya.
  2. Benang besar kita gulung dalam kumparan (bawah). Sekoci sedikit dikendurkan (putar sekrupnya ke kiri). Tusukan / stikan dibuat agak besar. Kita jahit pakaian dengan bagian bawah yang bagus (dinaiki). Cara ini agak sulit, karena pakaian harus dijahit dari bagian buruk.

 

  1. Menjahit dengan Benang Karet

Caranya sama dengan menjahit dengan benang besar (cara di atas). Jadi benang karet digulung pada kumparan, merupakan benang dari arah bawah. Perhatikan waktu membeli benang karet. Benang yang sudah lama biasanya telah kehilangan daya mulurnya, sehingga fungsinya tidak ada lagi.

 

  1. Menjahit Bahan Tebal

Gangguan pada saat menjahit bahan yang tebal diantaranya ialah jarum putus atau bahkan tidak maju sama sekali. Untuk mengatasinya dapat diusahakan dengan cara berikut:

  1. Sepatu mesin jahit agak dinaikkan, dengan memutar sekrup di atas bahan mesin yang berhubungan dengan tangkai sepatu.
  2. Gigi penyuap dinaikkan (pengatur gigi)
  3. Jarum diganti dengan nomor yang sesuai
  4. Bahan dapat digosok dengan sedikit lilin agar licin dan maju mundur.

 

  1. Menjahit atau Memasang Tutup Tarik

Untuk menjaga agar jarum tidak mudah putus karena logam / gigi dari tutup tarik, dapat dibantu dengan cara menggunakan sepatu tutup tarik. Jika tidak ada, bisa dibantu dengan sepotong karton untuk mengimbangi tingginya gigi tutup tarik. Dengan demikian, sepatu akan sejajar tingginya.



Semoga tips-tips menjahit yang sudah dijelaskan bisa membantu TemanKJM semua dalam menjahit lebih cepat dan efisien ya! Untuk berbagai tips dan trik menjahit lainnya Anda bisa follow Kianjaya Machinery di Instagram @kianjayamachinery. Dapatkan juga informasi menarik soal menjahit yang terupdate dan penawaran terbaik produk-produk/tools menjahit yang ada di Kianjaya Machinery. Yuk follow sekarang!