02 Mar

REKOMENDASI MESIN JAHIT UNTUK USAHA KAOS

Saat ini, salah satu bisnis yang selaras dengan tren adalah bisnis fashion. Salah satu kelebihan dari bisnis fashion jika tidak terjual tidak akan basi dan produk yang dihasilkan pun bisa beragam, seperti pakaian, sepatu, tas, dan aksesoris pendukungnya. Jelas ini memiliki daya tarik tersendiri pada bidang mode. Apalagi Kaos atau T shirt merupakan salah satu fashion item yang pasti dimiliki oleh semua orang.
Teman KJM yang masih awam mengenai mesin jahit apa saja yang paling utama diperlukan untuk membangun bisnis jahit (garment / konveksi) dengan produksi kaos, berikut beberapa rekomendasi dan penjelasannya:

 

1. Mesin Jahit High Speed Jarum 1
Mesin jahit high speed jarum 1 adalah mesin paling standar dalam dunia konveksi atau garment karena dilengkapi 1 jarum dengan kemampuan jahit lurus dengan kecepatan tinggi sehingga cocok untuk keperluan produksi dengan bahan apa pun.

Mesin ini, selain dapat digunakan untuk menjahit kaos juga banyak digunakan untuk menjahit berbagai bahan tekstil lainnya, seperti bahan-bahan jeans, kapas maupun serat kain sintetis, oleh karena itu, mesin ini jadi pilihan wajib untuk seluruh tipe produksi konveksi ataupun pabrik garment.

 

2. Mesin Jarum 2 Rantai
Mesin jahit rantai merupakan mesin yang digunakan dalam produksi kaos untuk menghasilkan jahitan rantai dua baris. Pada produk kaos, hasil jahitan dua baris ini banyak kita temukan pada bagian bahu atas kaos dan bagian yang menghubungkan kerah dengan lengan kaos. Keuntungan menggunakan mesin jahit rantai ini selain kuat juga rapi. Hal inilah yang menjadikan mesin jahit rantai lebih unggul dalam produksi kaos distro.

 

3. Mesin Obras Benang 4
Mesin obras juga sering disebut sebagai overlock sewing, berfungsi untuk mengunci dan merapikan dari setiap potongan dan lipatan kain, sebenarnya menghasilkan jahitan yang hampir sama dengan jahitan mesin obras biasa, namun pada mesin obras ini selain dapat berfungsi untuk merapikan jahitan, juga bisa digunakan untuk menjahit, seperti pada lipatan lengan dan lipatan kaos bagian bawah.
Mesin ini telah dilengkapi pisau pemotong untuk memotong tepian yang kemungkinan tidak terbungkus oleh jahitan obras sehingga hasilnya bisa rapi dan tidak terdapat sisa-sisa benang.

Ada beberapa macam mesin obras yang sering digunakan dalam produksi garmen. Berdasarkan penggunaan, a. Mesin obras dibedakan menjadi 3 itu:
b. Mesin obras benang 3 untuk mengobras kemeja setelah di jahit
c. Mesin obras benang 4 di gunakan untuk kaos
d. Mesin obras benang 5 digunakan untuk pembuatan celana dan kemej

 

4. Mesin Overdeck
Mesin overdeck atau yang sering disebut sebagai mesin kamput berguna untuk menjahit kerah kaos bagian dalam, klim pada tepian atau ujung kaos, ujung tangan dan bagian bawah kaos. Selain itu mesin overdeck juga digunakan untuk membuat list pada training dan kaos olah raga.

 

Untuk meningkatkan produktivitas dalam membuat kaos, selain mesin-mesin yang telah disebutkan di atas juga dibutuhkan peralatan pendukung lainnya yakni mesin pemotong kain dan juga mesin lubang kancing untuk produk polo shirt, mesin sablon atau mesin bordir untuk variasi produk.
Merek Mesin Industri yang populer digunakan adalah merek Typical dan buat kalian yang pengen bikin usaha kaos, semua mesin tersedia di Kianjaya Machinery!
Untuk informasi selengkapnya kalian bisa hubungi kontak yang tertera atau kunjungi langsung Official Store Kami Kianjaya Machinery, jalan Otto Iskandardinata No. 209 Bandung.