12 Sep

PERBEDAAN UPCYCLE FASHION & FASHION RECYCLE

Kecintaan terhadap lingkungan dan upaya dalam menjaga alam juga dapat diwujudkan dengan menerapkan sustainable fashion dalam kehidupan sehari-hari. Sustainable fashion merupakan gerakan, cara, atau jalan yang diambil untuk mendorong dan mendukung sistem yang lebih ramah lingkungan dalam industri fashion, yang bertujuan untuk menciptakan keseimbangan dan pengaruh yang nyata dalam menjaga alam.

 

Dalam konsep sustainable fashion terdapat dua istilah dimana keduanya sama-sama memiliki tujuan untuk mengurangi sampah, yaitu upcycle dan recycle. Walaupun istilah recycle terdengar lebih familiar, namun terdapat perbedaan yang signifikan dalam proses mengolah pakaian yang sudah tidak terpakai.

 

Untuk artikel mengenai upcycle fashion Teman KJM bisa cek di blog kami sebelumnya. Link: [insert link artikel sebelumnya]

 

Sementara untuk proses recycle fashion, pakaian usang akan mengalami penguraian terlebih dahulu. Proses ini akan mengembalikan kain tersebut menjadi serat bahan baku kain, dan direkonstruksi menjadi kain baru sebelum digunakan kembali menjadi produk yang  berbeda. 

 

Proses recycle atau daur ulang dapat dilakukan dengan beberapa cara. Dua cara diantaranya adalah melalui proses mekanis dan kimiawi. Berikut perbedaanya:

 

  1. Proses recycle / daur ulang mekanis 

Proses ini terjadi ketika kain pakaian usang diparut atau diurai menjadi serat atau benang. Lalu benang tersebut kemudian ditenun kembali menjadi satu kain baru, sebelum akhirnya dijahit menjadi pakaian yang berbeda.

 

  1. Proses recycle / daur ulang kimiawi 

Pada proses ini kain yang perlu didaur ulang memerlukan bahan kimia untuk melarutkan pakaian yang telah usang. Serat yang dihasilkan dari proses tersebut lalu selanjutnya dapat dicampur dengan serat-serat lainnya  untuk membuat kain baru.

 

Sekarang Teman KJM sudah memahami perbedaan proses upcycle maupun recycle dalam mengelola fashion waste, bukan? Untuk itu yuk kita coba perlahan-lahan, mulai dari hal-hal kecil untuk berkontribusi dan turut mendukung gerakan sustainable fashion juga menjaga dan melindungi keseimbangan bumi dari sifat konsumtif yang dapat mengakibatkan fashion waste.

 

Untuk tips, trik, dan ide upcycle fashion, semua bisa Teman KJM tonton tutorial dan penjelasan lebih lengkapnya di kanal Youtube Kianjaya Machinery. Jangan lupa untuk klik Subscribe juga ya, agar tidak ketinggalan update mengenai konten menarik lainnya!