04 Jul

PERBEDAAN MESIN OBRAS BENANG 3, 4 DAN 5

Jika kalian familiar dengan kegiatan jenis menjahit atau memiliki interest pada dunia mode / fashion tentunya pasti pernah mendengar istilah obras. Namun apa sebenarnya definisi atau arti sebenarnya dari obras?

Obras adalah salah satu teknik jenis jahit yang biasa dipakai untuk mengikat pinggiran kain agar tiras benang (pinggiran kain) rapi. Jahitan obras pada pakaian biasanya terletak di bagian dalam pakaian, dan jahitan obras ini memiliki peranan penting dalam kekuatan jahitan.

Untuk membuat jahitan obras kita harus menggunakan mesin khusus, atau dalam kata lain kita tidak bisa menggunakan mesin jahit biasa. Mesin yang digunakan yaitu mesin khusus obras (overlock machine) dengan hasil jahitan berbentuk menyerupai jeratan benang.

Lalu apa yang membedakan mesin obras dengan mesin jahit biasa?

 

Mesin obras dilengkapi dengan pisau pada bagian bawah dan bagian atas di sebelah sepatu yang bergerak untuk memotong kain dalam pengoperasiannya. Ketika mengoperasikan mesin obras, kedua pisau tersebut akan bergerak dan memotong pinggiran kain sehingga jahitan yang dihasilkan pada tepi kain akan menjadi lebih rapi dan juga bersih.

Terdapat beberapa macam mesin obras berdasarkan jumlah benang yang digunakan. Penggunaan mesin obras ini disesuaikan dengan hasil jahitan, fungsi atau kebutuhan masing-masing.

 

Macam-macam mesin obras diantaranya:

  1. Mesin Obras benang 3

Digunakan untuk mengobras dengan kerapatan yang rendah, seperti kemeja / blouse, juga bisa jahit neci.

 

  1. Mesin Obras Benang 4

Digunakan untuk menjahit baju sekaligus merapikan pinggiran kaos, menggabungkan potongan pola badan dengan potongan pola lainnya. Hasil obras mesin benang 4 juga lebih kuat, rapi, dan memiliki dua garis diagonal. Karena itulah wajar jika mesin obras ini lebih cocok untuk bahan seperti kaos.

 

  1. Mesin Obras Benang 5

Digunakan untuk mengobras bahan jeans dan bahan tebal lainnya. Sebenarnya mesin obras benang empat dan lima memiliki fungsi yang sama, yaitu menjahit sekaligus merapikan kain. Namun ada beberapa perbedaan antara mesin obras benang empat dan benang lima. Salah satunya adalah garis diagonal yang dibuat mesin obras benang empat ada di bagian tengah obras. Sementara itu, garis diagonal pada mesin obras benang lima berjarak 0,5 cm dari obras.

 

  1. Mesin Obras Benang 6.

Digunakan untuk mengobras kain dengan cara memanipulasi stitching untuk bahan lain bukan cuma knitting atau woven saja.

 

Untuk penggunaan pada pakaian, biasanya menggunakan mesin obras benang 4. Selain itu, jika kalian membutuhkan untuk menggunakan obras benang 3, tidak perlu membeli mesin obras lagi. Cukup lakukan pengaturan ulang pada benang pada mesin obras benang 4.

Jika kalian belum bisa melakukan pengaturannya sendiri serta membutuhkan sparepart lainnya untuk pengaturan mesin tersebut, jangan khawatir! Kalian bisa datang langsung ke offline store Kianjaya Machinery karena kami juga menyediakan layanan jasa service yang tentunya akan dibantu oleh para teknisi yang profesional dan berpengalaman. Kami juga menyediakan sparepart berbagai mesin jahit yg lengkap. Jadi, jangan khawatir ya!

 

Kami tidak henti-hentinya untuk kembali mengingatkan untuk mengenali dulu mesin yang sesuai dengan kebutuhan kalian ya. Jangan sampai salah pilih!

 

Di Kianjaya Machinery tersedia dari berbagai merk mesin obras, seperti Typical (yang umum digunakan saat ini), merk Yamata, dan merek Gemcy. Semuanya bisa kalian beli langsung di offline store Kianjaya Machinery atau melalui Marketplace kami di Tokopedia & Shopee. Yuk cek sekarang!