11 Oct

PEMANFAATAN KAIN MAJUN SISA PRODUKSI

Seperti banyak industri lainnya yang terus berkembang, industri fashion juga terus berkembang dari waktu ke waktu. Dengan berkembangnya kreativitas dan inovasi dalam industri fashion, tentunya tidak dipungkiri akan lebih banyak produk fashion yang akan dibuat baik dalam jumlah kecil maupun jumlah besar. Apalagi kini produksi fashion dapat dilakukan secara masif dengan adanya jenis jasa konveksi dan garmen.

Dalam praktiknya untuk menghasilkan satu pakaian terdapat tiga proses utama, yaitu:
Cut/Pemotongan: memotong kain dengan pola busana, sehingga menjadi potongan kain yang siap dijahit
Make/Pembuatan: proses menjahit baju lengkap sesuai pola
Trim/Pangkas: pemotongan sisa penang setelah dijahit, membersihkan benang yang menempel dan melakukan pengecekan kualitas busana

Pada tiga proses utama diatas, proses Cut/Pemotongan adalah proses yang banyak menghasilkan kain sisa, yang dalam industri garmen biasa disebut kain majun.

Kain majun bisa dikatakan limbah pabrik atau sampah pabrik yang merupakan hasil dari proses pembuatan garmen. Jika dihitung-hitung dalam produksi satu jenis produk dalam jumlah banyak dapat menghasilkan limbah kain yang lumayan banyak pula. Bayangkan jika tumpukan limbah kain ini dibuang begitu saja dan tidak diolah kembali! Pasti akan sangat merugikan lingkungan sekitar bukan?

Namun berita baiknya sisa limbah ini sangat bisa dimanfaatkan kembali oleh industri lainnya, lho!

Cara yang paling mudah untuk memanfaatkan kain majun adalah dengan menjualnya ke industri seperti perusahaan di bidang otomotif, elektronik, mebel ataupun jenis usaha lain yang membutuhkan kain untuk dijadikan lap. Kain majun juga dijual dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan jenis kain lap lainnya.

 


Kelebihan kain majun selain harganya yang lebih terjangkau diantaranya adalah:
-Memiliki daya serap yang baik
-Mampu membersihkan kotoran oli/minyak
-Debu kering/debu basah dapat menempel dengan mudah pada kain
-Dapat membersihkan cat dan jenis noda/kotoran lainnya

Karena sifat kain majun yang ternyata banyak diperlukan di berbagai industri atau sektor usaha lain, maka pengolahan kain majun dapat menjadi peluang usaha sekaligus mempekerjakan banyak sumber daya manusia sehingga mengurangi tingkat pengangguran.

Nah, itu dia cara pemanfaatan dari kain majun/kain sisa produksi. Kira-kira bagaimana cara pengolahan kain majun di tempat produksi Teman KJM?

Yuk share di kolom komentar di bawah!