10 Jun

MACAM-MACAM KAMPUH DALAM MENJAHIT

Dalam menjahit, kampuh adalah sambungan di mana dua atau lebih lapisan kain, kulit, atau bahan lain disatukan dengan jahitan. Fungsi kampuh sendiri adalah untuk menyatukan potongan kain pada pembuatan busana.

Sebelum penemuan mesin jahit, proses kampuh dilakukan dengan tangan. Kampuh pada industri tekstil modern yang diproduksi secara massal biasanya sudah lebih canggih dengan menggunakan mesin yang terkomputerisasi, sedangkan pembuatan pada skala kecil dapat menggunakan kombinasi jahitan tangan dan mesin.

Sesuai kegunaan dan fungsinya, kampuh dalam menjahit juga dibagi dalam beberapa macam. Lalu apa saja macam-macam kampuh tersebut? Ayo simak penjelasannya di bawah ini!

1. Kampuh balik

Jenis ini digunakan untuk pakaian anak dan pakaian dalam wanita agar kuat dan rapi.

 

2. Kampuh balik yang digeser 

Jenis ini digunakan untuk menyambung dua tepi. Satu tepi ada kerutnya, dan tepi lain yang tidak berkerut. Dan kampuh ini dapat menyambung dua garis lengkung, misalnya kerung lengan kemeja laki-laki.

 

3. Kampuh pipih 

Kampuh ini digunakan untuk pakaian bayi, pakaian pria dan pada tempat-tempat yang harus dipipih. Lebar jahitan 1 cm dapat menjadi ½ atau ¾ cm.

 

4. Kampuh kostum 

Ini dipakai untuk menyelesaikan garis hias, lengan dan pinggang.

 

5. Kampuh sarung

Jenis ini digunakan untuk menyambung bahan kotak-kotak, pakaian yang dipakai bolak-balik dan garis lengkung pada model pakaian.

 

6. Kampuh terbuka 

Proses pembuatan kampuh ini dapat diselesaikan dengan tangan, mesin obras maupun dengan rompok. Pada kampuh terbuka yang garisnya tidak lurus (melengkung) perlu digunting lalu diselesaikan dengan tusuk feston.

 

Nah, tadi diatas sudah dijelaskan berbagai macam kampuh beserta macam-macam tekniknya sesuai dengan kebutuhan. Lalu apakah pembuatan kampuh atau proses jahit kampuh bisa dilakukan sendiri tanpa harus ke tukang jahit? Tentu saja bisa! 

Jika Anda berencana untuk memproduksi busana dalam jumlah yang dapat dihandle dan dikerjakan di rumah, tentunya Anda membutuhkan alat jahit yang mendukung semua kebutuhan produksi Anda. Temukan macam-macam alat untuk kegiatan menjahit di Kianjaya Machinery. Jadi, yuk mampir ke Marketplace Kianjaya Machinery yang ada di Tokopedia, TikTok dan juga Shopee!