11 Jul

MACAM-MACAM GUNTING DALAM PROSES MENJAHIT

Dalam proses menjahit, baik itu sebelum atau sesudah menjahit pasti ada proses pemotongan. Sebut saja pemotongan kertas pola, memotong bahan, dan ada proses memotong tiras-tiras benang. Nah, teman Kianjaya Machinery perlu banget tahu nih, fungsi dari macam-macam alat potong yang kita butuhkan pada saat menjahit. Yuk kita bahas satu per satu!

  1. Gunting Kertas

Biasanya digunakan untuk keperluan sehari-hari. Dari segi bentuknya standar seperti bentuk gunting pada umumnya, fungsinya digunakan untuk memotong kertas pola.

Ingat, jangan pake gunting ini pada bahan kain karena bisa merusak bahan atau membuat guntingnya menjadi tumpul ya!

 

  1. Gunting Bahan / Gunting Kain

Paling sering digunakan oleh kebanyakan orang untuk memotong bahan kain. Dari segi bentuknya terlihat sedikit berbeda, karena sisi satunya lebih datar dari sisi lainnya

fungsinya untuk menjaga bahan dan guntingnya untuk tetap sejajar saat kita memotong bahan. Jangan gunakan gunting bahan untuk menggunting kertas, benang, atau bahan lainnya karena akan berpengaruh pada tingkat ketajaman & hasil gunting.

  1. Gunting Benang

Ada beberapa macam gunting benang berdasarkan bahannya:

  1. Full berbahan besi
  2. Pegangan berbahan plastik
  3. Berbahan plastik dengan gagang jempol

Fungsi semua gunting benang ini sama untuk memotong tiras benang, atau buang benang pada proses finishing jahit. Pemakaian gunting ini tinggal disesuaikan dengan selera & kenyamanan kalian ya!

 

  1. Gunting Bordir

Gunting ini sedikit berbeda dengan gunting standard biasanya. Perbedaannya ada pada bagian ujungnya yang bentuknya agak melengkung ke atas. Fungsinya adalah untuk menggunting sisa benang atau bahan hasil dari bordir seperti kain keras alas bordir.

 

  1. Rotary Cutter

Fungsinya sama dengan gunting kain biasa. Namun yang jadi pembeda biasanya gunting ini digunakan untuk craft dan membutuhkan alas cutting mat sebagai alas. Mata pisaunya berbentuk bulat sehingga hasil potongannya lebih presisi. Mata pisau bisa diganti dan terdapat tombol pengaman atau pengunci untuk mata pisaunya.



Nah, itu dia jenis-jenis gunting yang biasanya dipakai dalam proses menjahit. Setelah mengetahui fungsi dari macam-macam jenis gunting, kami harap kalian dapat menggunakan gunting sesuai dengan fungsinya agar tepat guna sehingga gunting-gunting kalian tetap awet.

 

Untuk informasi lebih jelasnya, kalian bisa tonton review mengenai berbagai jenis gunting yang biasa digunakan dalam kegiatan menjahit di bawah ini: 

 

https://youtu.be/FqhP-WuqNfY

Jika kalian membutuhkan macam-macam gunting untuk kegiatan menjahit seperti yang sudah dijelaskan di atas ataupun tools menjahit lainnya, yuk mampir ke Marketplace Kianjaya Machinery yang ada di Tokopedia dan juga Shopee!