17 Feb

KOMPETISI MENJAHIT DALAM RANGKA ULANG TAHUN KIANJAYA KE 30

Dalam rangka hari ulang tahun Kianjaya Machinery yang biasa diperingati setiap bulan November setiap tahunnya yang pada tahun ini menginjak umur ke 30 tahun, Kianjaya Machinery berkolaborasi dengan Fashion Lab ID dengan mengadakan kompetisi menjahit pakaian ready to wear yang berjudul Re-Kriya with Fashion Lab ID dengan tema Upcycle atau Deconstruction Fashion. Kompetisi menjahit ini diselenggarakan secara online dan disponsori oleh Brother Indonesia.

 

Kompetisi menjahit Re-Kriya dengan Fashion Lab ID ini diselenggarakan selama tiga bulan. Mulai dari tanggal 1 September dan berakhir di tanggal 30 November 2022.

 

Untuk proses penyisihan dan pemilihan peserta yang dapat maju menjadi finalis pada kompetisi ini kami menggunakan sistem babak atau stage. Pada stage awal pendaftaran, semua peserta mensubmit dokumen karya dan memposting feeds atau reels moodboard & sketsa yang telah disubmit tadi di Instagram masing-masing peserta dengan caption berupa penjelasan singkat mengenai koleksi yang akan dibuat. Dan pada tanggal 6 Oktober 2022 diumumkan total 12 peserta yang lolos ke stage selanjutnya.

 

Pada tanggal 7 -10 Oktober para peserta yang lolos  dapat mulai mengerjakan karya "Re-Kriya Upcycle Fashion" dan di 1 - 4 November peserta mempresentasikan hasil karya mereka secara online melalui Google Meet.

 

Selanjutnya peserta yang dapat melangkah ke stage berikutnya diumumkan pada tanggal 5 dan 6 November. Pada tahap ini dari 12 peserta yang lolos hanya tersisa 8 peserta. Dan untuk peserta yang lolos diberikan waktu untuk mengirimkan hasil karya kepada pihak penyelenggara.

 

Lalu pada tanggal 21 - 29 November adalah tahap penilaian dari Juri Fashion Lab ID dan Kianjaya Machinery. Dengan indikator penilaian sebagai berikut:

  • Kreativitas
  • Originalitas Hasil Karya
  • Fabric Manipulation Technique yang Digunakan
  • Persentase (%) Penggunaan Bahan Bekas (Upcycle)

 

Dan pada tanggal 30 November diumumkan pemenang dari kompetisi karya "Re-Kriya Upcycle Fashion". Berikut adalah benefit yang akan didapatkan oleh 3 pemenang & finalis yaitu:

 

  • Juara 1

1 unit Mesin Jahit  Portable + Alat Jahit (senilai 150K) + Voucher Belanja di Kianjaya Machinery senilai 250K + Free Pass 4x Workshop (senilai 1 juta) + Sertifikat dari Fashion Lab

 

  • Juara 2

1 unit Mesin Jahit  Portable + Voucher Belanja di Kianjaya Machinery senilai 150K + Free Pass 4x Workshop (senilai 1 juta) + Sertifikat dari Fashion Lab 

 

  • Juara 3 

Uang Tunai senilai 500K + Voucher Belanja di Kianjaya Machinery senilai 100K + Free Pass 4x Workshop (senilai 1 juta) + Sertifikat dari Fashion Lab 

 

  • Finalis 

Voucher Belanja di Kianjaya Machinery senilai 50K + Free Pass 4x Workshop (senilai 1 juta) + Sertifikat dari Fashion Lab.



Dengan adanya event kompetisi ini diharapkan karya dari para finalis peserta Re-Kriya dapat menginspirasi, mengedukasi dan motivasi teman-teman semua untuk turut mendukung dan ikut serta dalam sustainable dan upcycle fashion. 

 

Semoga Kianjaya Machinery dan Fashion Lab ID dapat menjadi salah satu wadah untuk TemanKJM  dan fashion enthusiast semua yang ingin berkarya bersama dengan mengusung sustainability fashion.

Untuk info terbaru mengenai event atau workshop mengenai fashion, yuk follow kami di Instagram @kianjayamachinery @fashion.lab.id and see you on our next event!