14 Mar

ISTILAH DI DUNIA MENJAHIT YANG BISA JADI BELUM KAMU KETAHUI

Di era modern ini lapangan pekerjaan sudah tidak lagi sebanyak dulu, dan persaingan juga sudah semakin ketat. Karena itu kini banyak sekali anak muda yang alih-alih menjadi karyawan kantoran, lebih memilih untuk memulai usaha sendiri dan menjadi entrepreneur sesuai dengan passionnya masing-masing.

 

Sejak tahun 2017 dimana zaman sudah lebih canggih dan pengguna Marketplace atau E-commerce sudah mulai marak digunakan untuk bertransaksi, banyak pengusaha baru berbondong-bondong untuk memasarkan produknya secara massal pada platform tersebut. Dengan promo-promo menarik yang ditawarkan masing-masing platform, makin banyak calon pembeli dan pasar yang dapat mereka jangkau.

 

Tentu saja kesempatan ini juga membuka banyak peluang untuk penggiat fashion. Dimana produk designer sangat dibutuhkan untuk membuat produk-produk yang inovatif, kreatif dan menarik. Dan peran penjahit bagi dunia fashion juga sangat dibutuhkan dengan berbagai keterampilan jahit yang dapat membantu menghasilkan produk dengan kualitas yang baik.

 

Tapi sebelum menjadi penjahit yang handal kita perlu tahu arti istilah-istilah yang sering muncul dalam teknik dan berbagai topik bahasan dalam dunia menjahit. Jadi kita bisa bekerja lebih profesional dan membantu kita terlihat lebih berpengalaman walau sebenarnya kita masih menjadi penjahit level pemula. Yuk, cek beberapa istilah dalam dunia menjahit di bawah ini, karena siapa tahu ada yang belum familiar, lho!  



  1. Kampuh (seam allowens)

Kampuh merupakan tambahan kain untuk menyambung jahitan, lebarnya sekitar 1,5cm hingga 2cm. Kampuh diletakkan antara garis jahitan hingga tepi potongan (pola) kain.

 

   2. Kupnat (darts)

Kupnat adalah lipatan pada pakaian yang biasanya dijahit membujur pada pinggang. Tujuannya agar jahitan mengikuti bentuk tubuh.

 

   3. Finishing tepi busana (finish seam)

Jika bagian-bagian kain sudah dijahit, maka selanjutnya perlu dilakukan penyelesaian pada kampuh. Tujuannya agar serat-serat kain tidak terburai. Ada beragam metode yang bisa diterapkan pada kampuh terbuka seperti diobras, stik kecil (turn under seam finish/ a clean finish seam), stik balik (franch seam), , tusuk feston, digunting model zig zag dan lain sebagainya.

 

   4. Keliman (hem)

Proses penyelesaian jahitan bagian tepi yang terdapat di bagian bawah. Contohnya bagian bawah rok, pinggiran bawah blouse, pinggiran bawah kemeja, ujung lengan baju dan juga bagian bawah celana. Ada berbagai metode keliman, misalnya saja dilipat 2 kali kemudian dijahit, diobras lalu dilipat dan dijahit, dijahit tangan (soom), dineci (wolsum), dipotong dengan gunting zig zag, dijahit dengan bias tape atau kain serong dan lain sebagainya.

 

   5. Rampel atau kerutan (gather)

Kerutan-kerutan yang sengaja dibuat pada kain. Misalnya saja kerutan di ujung tangan, kerutan pada pinggang dan lain sebagainya.

 

   6. Bisban, kain serong (binding)

Pita yang dipakai pada tepian kain atau finishing bagian tepi jahitan. Bisban terbuat dari kain yang dipotong bias atau serong atau serat kain membentuk sudut 45 derajat.

 

   7. Ban pinggang (waistband)

Ban pinggang adalah bagian yang terdapat pada rok dan celana. Bagian ini berfungsi untuk mengapit garis pinggang. Tujuannya supaya rok atau celana tampak rapi dan nyaman dipakai. Ban pinggang dibuat dari kain yang bagian dalamnya ditambahkan kain keras agar bentuknya lebih kokoh.

 

   8. Jelujur (baste)

Jelujur adalah salah satu teknik jahit tangan. Jelujur bisa juga dilakukan dengan mesin jahit yang memiliki fasilitas atau mode baste. Pada teknik jahitan ini, jarak tusukan jahitan jauh dan longgar. Umumnya dipakai untuk jahitan sementara atau untuk membuat kerut pada kain.

 

  9. Teknik lapisan singkap atau depun (facing)

Teknik penyelesaian tepi busana dengan menambahkan pinggiran kain menggunakan kain lain. Kain ini dipotong sama dengan bentuk kain yang hendak dilapisi. Lebar depun antara 3 – 4 cm, atau sesuai keinginan. Kain diletak di bagian dalam sehingga tidak terlihat dari luar. Teknik ini biasanya diterapkan pada bagian leher dan lubang lengan.

 

Nah, gimana nih TemanKJM penjahit pemula lebih familiar dengan penyebutan istilah jahit yang mana? Atau ada istilah jahit lainnya yang belum kami share? Kalau belum ada, bisa kalian tulis di kolom komentar yaa! #serunyamenjahit 


Untuk konten serta promosi produk menarik lainnya bisa TemanKJM ikuti di Instagram dan TikTok kami di @kianjayamachinery, jangan lupa follow juga ya!