17 Jan

FABRIC MANIPULATION: TUCKS TECHNIQUE WORKSHOP

Pada artikel yang pernah di posting sebelumnya kita sudah sering membahas tentang upcycle fashion, teknik fabric manipulation, serta manfaat fabric manipulation pada limbah fashion yang dapat menjadi solusi untuk mengurangi dampak buruk bagi lingkungan dari sampah atau limbah yang dihasilkan.

Untuk lebih jelasnya TemanKJM, fashion enthusiast dan fashionpreneur semua bisa membaca di artikel-artikel kami sebelumnya, ya!

Saat ini fabric manipulation sedang digemari banyak fashionpreneur, dimana fabric manipulation ini dalam desain dapat ditambahkan pada pakaian dengan tujuan sebagai pemanis. Pengerjaan teknik ini dalam praktiknya harus mempunyai inovasi serta kreativitas yang tinggi, lho! Selain menggunakan bahan atau tekstil utuh, teknik manipulasi ini banyak menggunakan limbah sisa jahitan atau kain perca. Keuntungan dari teknik monumental tekstil dapat membuat permukaan kain terlihat berbeda dan lebih indah. Apalagi biaya produksi yang diperlukan juga cukup murah. Namun pada dasarnya pengerjaan teknik fabric manipulation membutuhkan waktu yang cukup lama dalam proses pengerjaannya.

Untuk berbagi ilmu dan praktek lebih mengenai fabric manipulation, pada tgl 8 Oktober 2022 kami menyelenggarakan kembali workshop menjahit tentang teknik fabric manipulation yang berbeda dari workshop kami sebelumnya.

Di Workshop kali ini kami mengaplikasikan tiga variasi tucks technique yaitu:

1. Wide / pin tucks

Merupakan jenis pintuck yang semua lipatannya dilipat ke arah yang sama. Lebarnya sendiri tinggal di sesuaikan saja dengan kebutuhan, misalnya dalam ukuran 2 cm, 0.5 cm atau kombinasi keduanya

2. Cross Stitch tucks

Merupakan jenis pintuck yang diperoleh dari pengembangan wide narrow pintuck. Yakni dengan mengubah arah lipatan pintuck kemudian menindasnya dengan jahitan lurus.

3. Honeycomb tucks

Merupakan jenis pintuck yang memiliki tampilan seperti sarang lebah. Untuk membuatnya anda hanya perlu menjahit bahan kain seperti biasa kemudian mengkombinasikannya dengan jahitan tangan untuk membentuk pola honeycomb

 

Berikut adalah dokumentasi keseruan dan antusias teman-teman yang hadir pada kegiatan workshop kali ini: 

 

 

 

Untuk TemanKJM dan fashion enthusiast yang ketinggalan event workshop kali ini jangan khawatir!  Follow instagram kami di @kianjayamachinery & @fashion.lab.id untuk informasi dan update workshop lainnya agar tidak ketinggalan, ya!


Selain informasi mengenai workshop, di @fashion.lab.id teman-teman bisa belajar mengenai seluk beluk dunia fashion yang meliputi  fashion brand making, fashion branding dan banyak lainnya, sehingga diharapkan dapat menjadi wadah untuk berbagi informasi terupdate mengenai dunia fashion. Jadi follow sekarang juga!