03 Jun

BERBAGAI MACAM TUSUK / STITCH JAHITAN TANGAN

Tahap mula perkenalan baik untuk para penjahit handal maupun pemula ke dunia jahit menjahit pasti tidak lepas dari tahap untuk memahami dan belajar menggunakan jahitan tangan. Tentu saja ini adalah fase awal dimana penjahit diperkenalkan dengan cara menjahit paling simpel dan mudah sebelum mulai untuk mempelajari cara menjahit yang lebih advance menggunakan mesin jahit.

Menjahit dengan tangan kini juga sudah lumayan populer diantara anak-anak maupun remaja, khususnya perempuan, karena di beberapa sekolah menjahit sudah menjadi kurikulum atau kelas yang harus dikuasai oleh anak didiknya. Dan keterampilan menjahit ini diharapkan dapat menambah skill bagi siapapun yang mempelajarinya dan dapat mengaplikasikannya pada kehidupan sehari-hari.

Walaupun menjahit dengan tangan termasuk skill menjahit yang paling dasar, jahitan tangan juga memiliki berbagai macam jenis lho! Apa saja jenis tusuk / stitch jahitan tangan? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

 

  1. Tusuk jelujur biasa / build stitch. Jahitan ini dimulai dari kanan ke kiri dan jarak tusuk umumnya tidak ditentukan.
  2. Tusuk jelujur dengan jarak tertentu / busting stitch. Jahitan ini dimulai dari kanan ke kiri, dan jarak tusuk ditentukan / diatur.
  3. Tusuk jelujur renggang / tailored stitch. Ini adalah jahitan yang dipakai untuk mengutip pola pada dua helai kain / pengganti rader.
  4. Tusuk jelujur kecil-kecil / holding stitch / running stitch adalah jenis yang dipakai untuk membuat kerutan.
  5. Tusuk tikam jejak / back stitch, adalah sebagai pengganti tusuk mesin dan pasang resleting.
  6. Tusuk piquer / pad stitch, adalah jenis jahitan yang dipergunakan untuk memasang bantalan baju jas, rambut kuda dan bahan pelapis dari mantel.
  7. Tusuk flannel / crossed stitch, umumnya dipakai untuk penyelesaian kampuh dan kelim pada bahan yang melar dan bahan yang di obras (mengesum).
  8. Understitch, jenis jahitan ini berguna untuk mengesom di bawah kelim yang di obras / tidak dari luar kelim.
  9. Tusuk feston / blanket stitch, umumnya dipergunakan untuk penyelesaian tiras pada kampuh, memasang hak dan kancing jepret.
  10. Tusuk balut / overcast, jenis jahitan ini digunakan untuk penyelesaian tiras pada kampuh dan jahit brukat dengan tangan.



Nah, sudah cukup paham belum jika jenis jahitan tangan juga dapat bermacam-macam dan dapat disesuaikan dengan fungsinya? Jika sudah paham, apakah Anda tertarik untuk belajar lebih jauh dan mempraktekkan semua jenis jahitan tangan yang sudah dijelaskan di atas? 

Jika Anda tertarik untuk belajar namun belum memiliki peralatan jahit yang dibutuhkan, yuk kunjungi offline store Kianjaya Machinery! Selain mengunjungi offline store kami, semua kebutuhan dan keinginan kalian untuk tools dalam menjahit bisa dilihat dan dibeli via Tokopedia atau  Shopee yang tentunya lengkap dan terpercaya. Yuk cek sekarang!