06 May

ALAT POTONG KAIN YANG DIGUNAKAN DI KONVEKSI / GARMENT

Mesin potong kain adalah mesin yang digunakan untuk memotong kain menjadi ukuran dan bentuk yang diinginkan dalam produksi pakaian atau produk tekstil lainnya. Mesin ini biasanya digunakan di konveksi atau garment, dimana kecepatan dan akurasi potongan menjadi kunci dalam meningkatkan efisiensi produksi.

Kelebihan dari mesin ini yaitu mesin dapat memotong banyak lapisan kain sekaligus. Sehingga kita dapat memotong kain dengan pola yang telah ditentukan dengan lebih cepat dan tentu saja kita bisa menghemat waktu sehingga waktu produksi juga dapat dimaksimalkan semakin cepat. Mesin potong kain ini tersedia dalam berbagai jenis, seperti mesin potong bulat / octa, mesin potong kain tinggi, mesin potong lempar, dan lain-lain.

Keunggulan dalam mempercepat produksi dengan menghasilkan potongan yang akurat, tepat, dan konsisten menjadi alasan mengapa alat potong kain sangat dibutuhkan di konveksi atau garment. Mesin potong kain juga dapat mengurangi kerusakan pada kain, dan hal ini membuat mesin potong kain menjadi salah satu alat yang sangat penting dalam produksi garmen atau produk tekstil lainnya.

Berikut adalah macam-macam alat potong kain yang ada pada industri konveksi maupun garment:

1. Mesin Potong Octa 

  

Mesin potong octa adalah jenis mesin potong kain handy carry yang tidak terlalu ringan atau terlalu berat. Fungsinya untuk memotong kain dengan jumlah lapisan kain yang tidak terlalu banyak hingga tebal lapisan kain 3.5". Dan keunggulannya sendiri mesin potong ini dapat memudahkan kita untuk memotong bagian detail sudut yg melengkung ataupun menyiku.

Pisau untuk mesin potong octa ini terdapat dua macam, yaitu bulat rata dan yang segi.



2. Mesin Potong Octa Servo

 

Mesin potong octa servo kurang lebih memiliki fungsi dan keunggulan yang sama seperti mesin potong octa yang sudah dijelaskan sebelumnya. Namun yang membedakan mesin potong ini dengan mesin potong octa, motor pada mesinnya sendiri sudah servo sehingga kecepatannya dapat diatur sesuai dengan kebutuhan  

 

3. Mesin Potong Kain Tinggi

 

Mesin potong kain tinggi (high-ply cutting machine) adalah jenis mesin potong kain yang dirancang untuk memotong banyak lapisan kain secara bersamaan dengan pisau vertikal dengan tinggi potongan antara 5, 6, 8 dan 10 inci. Mesin ini digunakan dalam produksi garmen atau produk tekstil lainnya yang membutuhkan potongan kain dalam jumlah besar dan dengan akurasi yang tinggi.

Perlu diketahui jika semakin besar ukuran mesin potong, semakin besar pula daya listrik yang diperlukan. Biasanya mesin potong ini digunakan untuk produksi massal.

 

4. Mesin Potong Lempar atau N Cutter

 

Mesin potong ini dilengkapi rel yang panjangnya 260 cm / 2,6 meter. Fungsi dari mesin ini adalah untuk memotong kain dengan ukuran lebar. Biasanya mesin ini digunakan untuk memotong dari gulungan kain menjadi lembaran-kain. Cara menggunakan mesin ini kita harus melakukan pengaturan rel pada meja gelar kainnya, dan posisi kain yang akan dipotong berada diatas rel kemudian mesin potong berada di atas kain.

Mesin jahit potong lempar ini biasanya digunakan dalam produksi pakaian dalam jumlah besar, seperti pakaian seragam, kaos, celana, dan sebagainya. Mesin ini cocok digunakan dalam produksi garmen massal karena mampu mempercepat proses produksi dan menghasilkan jahitan yang konsisten dan presisi.

 

Nah, itu dia beberapa alat potong yang biasanya digunakan di proses produksi konveksi maupun garment, kira-kira TemanKJM butuh yang mana nih? Untuk ketersediaan mesin alat potong, kalian bisa cek di halaman website bagian produk kami dan bisa kalian beli melalui marketplace / e-commerce favorit kalian!